Seputar Artikel Menarik Dan Download

"HALAMAN"

.

Lion Cave, Tambang Tertua di Dunia


Dimana letak tambang tertua di dunia? Di Mesir atau Yunani? Bukan.

Berapa umur tambang tertua di dunia? 3,000 tahun atau 5,000 tahun? Bukan juga.

Tambang tertua yang telah ditemukan hingga saat ini terdapat di Swaziland, sebuah negara kecil di Afrika. Usia tambang jauh melebihi usia Cleopatra atau legenda Helen of Troy yang hanya ribuan tahun. Berdasarkan analisa karbon, tambang di Swaziland ini sudah berusia paling tidak 40,000  tahun.


Penemuan  diawali oleh sekelompok peneliti yang menggali gua di wilayah pegunungan Swaziland. Gua ini kemudian diberi nama “Lion Cave” atau gua singa. Setelah beberapa bulan menggali, mereka menemukan alat tambang primitif beserta sisa-sisa alat besi yang telah berkarat. Setelah diuji, alat tersebut diperkirakan berasal dari tahun 400 masehi.

Yang lebih mengejutkan, para peneliti juga menemukan terowongan sepanjang 15 meter dengan lebar 7,5 meter. Terowongan tersebut ternyata mengandung bijih besi yang disebut ’specularite’.

Specularite merupakan satu jenis bijih besi dengan sifat fisik berkilau, hangat, dan berminyak jika disentuh. Hasil analisa karbon awal menunjukkan  tambang ini telah diusahakan setidaknya sejak 7,690 SM. Namun analisa berikutnya ternyata memberi hasil lebih tua, 20,000 SM, hingga kesimpulan terakhir menunjukkan waktu yang bahkan lebih tua lagi, 40,000 SM.

Pada masa setua itu, proses metalurgi untuk mengolah besi jelas belum ditemukan. Lantas buat apa mereka menambang specularite?

Specularite ternyata bukan untuk membuat perkakas, melainkan digunakan sebagai kosmetik. Setidaknya praktik ini bisa ditemukan pada nenek moyang suku Bushmen. Orang-orang Bushmen mempunyai kebiasaan mengoleskan specularite ke rambut untuk membuat penampilan mereka lebih atraktif.

Specularite berwarna berkilauan hingga jika dioleskan ke kepala akan membuatnya berkilauan juga. Pelukis Bushmen sering menggambar orang dengan kepala yang nampak berkilauan. Salah satunya bisa ditemukan di pegunungan Ikanti, Afrika Selatan.

Akhirnya kesimpulan mengarah ke hal yang sama. Manusia pada masa itu kemungkinan juga menggunakan specularite sebagai kosmetik untuk mempercantik penampilan.

source: http://syafrilhernendi.com/2010/04/12/lion-cave-tambang-tertua-di-dunia/

Artikel Terkait



Widget by Vampire | Slayer

0 Komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar,Dont Spam...

Daftar Isi

Enjoy It's.......

Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Ini
Awakening37 Blogspot